Image
15-12-2016 262

Pertumbuhan Ekonomi Lampung Terpesat Se-Sumatera

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung mengatakan bahwa secara triwulanan, perekonomian Lampung pada triwulan II 2016 mencatat pertumbuhan sebesar 4,33 persen (qtq) yang merupakan pertumbuhan tertinggi di Sumatera.

"Secara tahunan mencatat pertumbuhan sebesar 5,21 persen (year on year) yang juga lebih tinggi dibandingkann triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,05 persen (yoy)," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan, di Bandar lampung, Sabtu.

Ia menyebutkan, pesatnya kegiatan ekonomi Provinsi Lampung pada triwulan II 2016 terutama didorong oleh

Meningkatnya kinerja konsumsi rumah tangga dan investasi. 

Konsumsi rumah tangga yang tumbuh meningkat didorong oleh meningkatnya konsumsi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Adanya gaji ke-13 dan ke-14 serta terkendalinya inflasi yang dalam 7 bulan terakhir secara year to date (ytd) masih di bawah 1 persen (0,91 persen, ytd). 

Sementara itu, meningkatnya investasi sejalan dengan akselerasi beberapa proyek pembangunan infrastruktur pemerintah daerah maupun swasta seperti pembangunan pembangkit listrik tenaga mini gas (PLTMG) Sutami dan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Ulubelu unit 3 dan 4, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, perluasan Bandara Radin Inten II serta pembangunan dan rehabilitasi dermaga di Pelabuhan Bakauheni. 

Arief menjelaskan dari sisi eksternal, kinerja ekspor Lampung masih terkontraksi seiring dengan harga komoditas internasional yang masih mengalami tren menurun sehingga berdampak terhadap ekspor beberapa komoditas yang belum membaik. 

"Berbeda halnya dengan kinerja ekspor, kinerja impor mengalami pertumbuhan yang meningkat sehubungan

dengan meningkatnya permintaan domestik terutama bahan baku industri pengolahan," ujarnya.

Dari sisi sektoral, peningkatan ekonomi Lampung terutama didorong oleh meningkatnya kinerja di

sektor Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, sektor Perdagangan serta sektor Konstruksi.

Berlangsungnya panen raya baik untuk komoditas pertanian dan perkebunan menjadi pendorong

Meningkatnya kinerja di sektor Pertanian. 

Sementara itu, meningkatnya kinerja sektor perdagangan seiring dengan meningkatnya konsumsi masyarakat serta adanya perbaikan infrastruktur berupa perbaikan jalan serta pembangunan dan optimalisasi dermaga di pelabuhan. Di sektor konstruksi, masih berlanjutnya akselerasi pembangunan proyek infrastruktur baik Pemerintah dan swasta mendorong peningkatan di sektor konstruksi.

Ia menjelaskan, perkembangan ekonomi Provinsi Lampung hingga triwulan II tersebut menunjukkan bahwa berbagai inisiatif pemerintah untuk menghela kegiatan ekonomi di daerah mulai memperlihatkan hasilnya,(*)

Sumber : lampungprov.go.id